Hidayah, Sufia (2024) PENGARUH BAURAN PEMASARAN RUMAH SAKIT TERHADAP PERSEPSI PASIEN RAWAT INAP DALAM MEMILIH RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG BANJARBARU. Other thesis, Universitas Borneo Lestari.
COVER.pdf
Download (158kB)
ABSTRAK.pdf
Download (202kB)
BAB I.pdf
Download (152kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (232kB)
BAB III.pdf
Download (285kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (243kB)
BAB V.pdf
Download (120kB)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Download (487kB)
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Download (66kB)
HASIL CEK TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22kB)
Abstract
Penurunan kunjungan pasien menimbulkan kekhawatiran yang signifikan bagi rumah sakit, khususnya bagi departemen yang bertanggung jawab atas pemasaran rumah sakit Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran terhadap persepsi pasien dalam memilih Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru. Data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner pada sejumlah pasien umum yang menjani rawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru. Jenis penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 36 responden yang dipilih menggunakan teknik Accidental Sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 25. Variabel yang diukur meliputi bauran pemasaran yaitu: produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik. Hasil Penelitian dari uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa hanya variabel bukti fisik yang berpengaruh positif dan signifikan, namun variable produk, harga, lokasi, promosi, orang dan proses tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap persepsi pasien. Sedangkan, melalui uji f bahwa bauran pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap persepsi pasien rawat inap dalam memilih Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru. Responden juga sebagian menyatakan rumah sakit ini sebagai pilihan utama dan menganggap pelayanan yang diberikan adalah terbaik. Temuan ini mengindikasikan bahwa bauran pemasaran dapat menjadi faktor yang menjadi pertimbangan pasien ketika memilih rumah sakit.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bauran Pemasaran, Persepsi Pasien, Pilihan Rumah Sakit |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 00:25 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 00:25 |
URI: | http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/208 |