HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PETUGAS KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CEMPAKA KOTA BANJARBARU

Widyanti, Irvana Santika Ayu (2024) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PETUGAS KEFARMASIAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS CEMPAKA KOTA BANJARBARU. Other thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of HASIL CEK TURNITIN.pdf] Text
HASIL CEK TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)

Abstract

Kualitas pelayanan kefarmasian dapat dilihat dari petugas yang memberikan pengaruh terhadap kesehatan dan keselamatan pasien. Parameter yang digunakan dalam menentukan kualitas petugas pelayanan kefarmasian adalah keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empahty). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan petugas kefarmasian terhadap kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 261 responden, dipilih dengan teknik non probability sampling dengan accidental sampling. Skala yang digunakan pada penelitian ini yaitu skala interval. Untuk mengukur kualitas pelayanan petugas kefarmasian terhadap kepuasan pasien digunakan kuesioner sebagai instrument penelitian berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (IKM). Hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan kualitas pelayanan petugas kefarmasian dengan nilai p = 0,002 < 0,005 menggunakan uji correlation spearman’s rho. Nilai interval konversi kualitas pelayanan petugas kefarmasian berada di rentang 76,61-88,30 dengan hasil yang didapatkan 77,870 dikategorikan baik. Nilai interval konversi kepuasan pasien berada di rentang 76,61-88,30 dengan hasil yang didapatkan 79,573 dikategorikan puas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas petugas, kepuasan pasien, puskesmas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Jul 2024 06:26
Last Modified: 29 Jul 2024 06:26
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item
View Item