FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN DAN PEMBELIAN OBAT ANTIBIOTIK TANPA RESEP DOKTER DI KECAMATAN BANJARBARU SELATAN

Jannah, Ramilah Audini Mifthahul (2024) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENJUALAN DAN PEMBELIAN OBAT ANTIBIOTIK TANPA RESEP DOKTER DI KECAMATAN BANJARBARU SELATAN. Other thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT  HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of HASIL CEK TURNITIN.pdf] Text
HASIL CEK TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)

Abstract

Antibiotik merupakan golongan obat yang digunakan untuk mengobati pasien yang mengalami infeksi bakteri harus digunakan secara rasional, tepat, dan aman. Obat antibiotik seharusnya diperoleh dengan resep dokter, namun masyarakat banyak yang memperolehnya tanpa menggunakan resep dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi penjualan dan pembelian antibiotik tanpa resep dokter Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan teknik propotional random sampling, menggunakan kuesioner. Dilakukan analisis faktor untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh. Penelitian ini melibatkan 10 responden penjualan dan 400 responden pembelian. Hasil analisis faktor penjualan menunjukkan 2 faktor terbentuk dari 6 variabel dengan nilai percent of variance integritas, finansial, hukum dan critical sense (55,894%), serta tekanan dari luar (21,265%). Hasil analisis faktor pembelian menunjukkan 6 faktor yang terbentuk dari 14 variabel dengan nilai percent of variance integritas (29,687%), finansial dan kemudahan akses (12,046%), pengetahuan (10,663%) dan rekomendasi dari orang lain(7,162%). Simpulan : faktor yang paling mempengaruhi penjualan adalah faktor integritas, hukum, critical sense, sedangkan pada pembelian, faktor integritas, finansial dan kemudahan akses.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Antibiotik, Penjualan, Pembelian
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Aug 2024 05:39
Last Modified: 01 Aug 2024 05:39
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item
View Item