HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PESERTA BPJS DI APOTEK KLINIK X MARTAPURA

Sary, Kiki Melda (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PESERTA BPJS DI APOTEK KLINIK X MARTAPURA. Other thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (505kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (459kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (326kB)

Abstract

Apotek merupakan sarana pelayanan yang digunakan untuk melakukan praktik kefarmasian oleh apoteker. Standar pelayanan kesehatan merupakan pedoman yang digunakan untuk memberikan pelayanan kefarmasian. Mutu pelayanan kefarmasian berkaitan dengan kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mutu pelayanan kefarmasian, mengetahui tingkat kepuasan peserta BPJS dan hubungan mutu pelayanan kefarmasian di Klinik Apotek X Martapura. Penelitian ini dengan desain survei cross sectional yang dilakukan terhadap pasien BPJS yang berkunjung di Klinik Apotek X Martapura. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 70 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner metode SERVQUAL yang memiliki 5 dimensi yaitu: assurance, tangible, responsiveness, empathy dan reliabilitas. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa secara keseluruhan mutu pelayanan kefarmasian di Klinik Apotek Martapura masuk dalam kategori sangat penting dan tingkat kepuasan pasien masuk dalam kategori sangat puas. Hubungan mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan peserta BPJS diperoleh nilai p sebesar 0,000 yang berarti ada hubungan mutu pelayanan kefarmasian dengan tingkat kepuasan peserta BPJS di Apotek Klinik Martapura.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Mutu pelayanan kefarmasian, kepuasan pasien, apotek.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 31 Jul 2024 00:54
Last Modified: 31 Jul 2024 00:54
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/284

Actions (login required)

View Item
View Item