IMPLEMENTASI LEAN HOSPITAL MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI (Studi Kasus di RSI Sultan Agung Banjarbaru)

Ariyanti, Risda (2024) IMPLEMENTASI LEAN HOSPITAL MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI INSTALASI FARMASI (Studi Kasus di RSI Sultan Agung Banjarbaru). Other thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (234kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (346kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of HASIL CEK TURNITIN.pdf] Text
HASIL CEK TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)

Abstract

. Lean Hospital Management ialah sebuah metode manajemen rumah sakit yang berfokus pada efisiensi dan pengurangan waste. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi prinsip Lean Management terhadap peningkatan kualitas pelayanan di instalasi farmasi RSI Sultan Agung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan cross sectional. Dengan partisipan 7 orang karyawan instalasi farmasi, dan 10 orang pasien. Diambil dengan metode observasi dan wawancara. Analisis data ditampilkan dalam bentuk tabel dan narasi secara deskriptif. Hasil didapatkan aktivitas proses kerja instalasi farmasi RSI Sultan Agung menunjukkan aktivitas yang berkembang ini dibuktikan dengan hasil wawancara yang menunjukkan adanya kemajuan dalam regulasi pelayanan dengan adanya pengurangan waste dalam pengadaan, adanya metode dispensing yang dapat menekan pengeluaran pembuangan ampul, pada bagian pengambilan keputusan seluruh karyawan memiliki hak yang sama dalam memberikan pendapat, pelatihan bagi karyawan sudah biasa dikatakan mumpuni karena setiap karyawan memiliki pelatihan dasar dalam regulasi unit dan untuk pelatihan penunjang sudah di sesuaikan dengan kebutuhan, Unsur perbaikan yang dilakukan pada regulasi pelayanan di buktikan dengan hasil wawancara kepala instalasi farmasi, yaitu penggunaan Lean sudah mulai diaplikasikan dalam pelayanan, dan metode penunjang pelayanan seperti dispensing, unsur perbaikan ini memiliki peran dalam mengurangi Waste produksi obat, namun yang menjadi masalah masih terdapat pada kekurangan sumber daya manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lean Hospital Management, Instalasi Farmasi,Implementasi.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 09 Jul 2024 06:27
Last Modified: 09 Jul 2024 06:27
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item
View Item