ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS LANDASAN ULIN TIMUR

Febriana, Andi Widya (2024) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS LANDASAN ULIN TIMUR. Diploma thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (780kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (262kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of HASIL CEK TURNITIN.pdf] Text
HASIL CEK TURNITIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pelayanan kefarmasian merupakan hal yang penting untuk kepuasan pasien dalam
meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Puskesmas merupakan
fasilitas pelayanan kesehatan tempat menyelenggarakan upaya kesehatan untuk
memelihara dan meningkatkan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat kepuasan pasien diukur dari dimensi reliability, responsiveness,
assurance, empathy, dan tangible pada Puskesmas Landasan Ulin Timur. Metode
penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah seluruh
pasien yang memenuhi kriteria yang berjumlah 100 orang dengan teknik
pengambilan data adalah accidental sampling (kebetulan). Hasil penelitian
menunjukkan data partisipasi mayoritas jenis kelamin wanita sebanyak 59 orang
dengan persentase 59%, umur 26-40 tahun sebanyak 51 orang dengan persentase
51%, pendidikan Sarjana sebanyak 35 orang dengan persentase 35%, pekerjaan
pegawai swasta sebanyak 37 orang dengan persentase 37%. Hasil penelitian tingkat
kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Landasan Ulin
Timur dari masing-masing variabel yaitu, reliability dikatakan puas sebesar 80,2%,
responsiveness puas sebesar 77,05%, assurance sangat puas sebesar 85,2%,
empathy puas sebesar 77,93%, dan tangible puas sebesar 80,35%. Hasil dari rata
rata lima dimensi diperoleh tingkat kepuasan pasien sebesar 80,146%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kepuasan, Pelayanan Kefarmasian, Puskesmas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:47
Last Modified: 29 Jul 2024 08:47
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item
View Item