ABSTRAK PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT DAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD HADJI BOEJASIN PELAIHARI

Lailaturrahmah, Ghina (2024) ABSTRAK PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP CITRA RUMAH SAKIT DAN LOYALITAS PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RSUD HADJI BOEJASIN PELAIHARI. Other thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (921kB)
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (146kB)

Abstract

Dalam memilih rumah sakit, masyarakat biasanya memanfaatkan bantuan dari berbagai macam media, salah satunya komunikasi dari mulut ke mulut. Maka dari itu, dibutuhkan pemasaran yang optimal agar masyarakat bersedia untuk menceritakan pengalaman positifnya dan memberikan penilaian yang subyektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut berpengaruh terhadap citra rumah sakit dan loyalitas pasien di RSUD Hadji Boejasin Pelaihari. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif survei. Studi deskriptif dilakukan untuk mengetahui dan menjelaskan karakteristik variabel yang diteliti dari suatu situasi, yang melibatkan pengumpulan data jenis kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ialah dengan Non Probability Sampling. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data primer dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan jumlah responden sebanyak 96 responden. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Adanya pengaruh positif word of mouth marketing terhadap citra rumah sakit sebesar sebesar 0,327 yang artinya berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai 0,01 < 0,05. 2) Word of mouth marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien di Instalasi rawat jalan RSUD Hadji Boejasin dengan nilai sebesar 0,395 yang berarti berpengaruh positif dan cukup kuat. Sedangkan, berpengaruh signifikan dengan nilai Sig. 0,01 < 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemasaran rumah sakit, Citra rumah sakit, Loyalitas pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 04 Jul 2024 00:52
Last Modified: 04 Jul 2024 00:52
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item
View Item