HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUNGAI ULIN

Baidatun, Yuni Rahima (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEFARMASIAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENYAKIT HIPERTENSI DI PUSKESMAS SUNGAI ULIN. Other thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (328kB)

Abstract

Pelayanan dan kepuasan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan, pelayanan kefarmasian yang diberikan oleh apoteker dari instalasi farmasi Puskesmas merupakan salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kualitas instalasi Puskesmas. Oleh karena itu, dengan adanya kualitas pelayanan yang baik maka kepuasan pasien dapat terpenuhi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kefarmasian terhadap kepuasan pasien penyakit hipertensi di Puskesmas Sungai Ulin. Penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional pada 106 responden. Instrumen penelitian ini berupa kuesioner. Secara keseluruhan dari hasil penelitian yang dilakuakan kualitas pelayanan kefarmasian pasien penyakit hipertensi di Puskesmas Sungai Ulin kategori sangat baik sebanyak 84 orang (79,2%), baik sebanyak 22 orang (20,8%) dan tidak ada yang menyatakan tidak baik. Tingkat kepuasan pasien penyakit hipertensi terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Puskesmas Sungai Ulin kategori sangat puas 72 orang (67,9%), puas sebanyak 25 orang (23,6%), tidak puas sebanyak 9 orang (8,5%).Pada uji statistik chi square diperoleh nilai p-value 0,000 < 0,05 yang berarti ada hubungan antara kualitas pelayanan kefarmasian dengan kepuasan pasien penyakit hipertensi di Puskesmas Sungai Ulin.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Kefarmasian, Tingkat Kepuasan Pasien, Puskesmas Sungai Ulin.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 29 Jun 2024 05:21
Last Modified: 29 Jun 2024 05:21
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item
View Item