Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN Lalayau 1

Hidayati, Rahmi and Futri, Yulia and Iedliany, Faradilla and Vebruati, - and Aji, Ifan Anom Bintoro (2024) Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN Lalayau 1. Jurnal Pendidikan Matematika.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN Lalayau 1.pdf] Text
Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III SDN Lalayau 1.pdf

Download (558kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui keefektifan dalam penerapan model pembelajaran make a match dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas III di SDN Lalayau 1 yang berada di Kabupaten Balangan. Penelitiankuantitaif eksperimen ini dilakukan dengan populasi penelitian adalah siswa di SDN Lalayau 1 dan sampel adalah siswa kelas III di sekolah tersebut. Analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif guna mengukur aktivitas kegiatan pembelajaran dan analisis inferensial dengan menggunakan uji one sample test guna mengukur efektifitas penerapan model pembelajaran make a match pada siswa kelas III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran make a match mampu meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi pecahan kelas III SDN Lalayau 1 yang ditinjau dari hasil belajar siswa sebesar 71,2%, dengan ketuntasan secara klasikal 90% dan keterlaksanaan pembelajaran 77,1%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Make a Match, Pembelajaran Matematika Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Mathematics
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Oct 2024 00:56
Last Modified: 21 Nov 2024 07:30
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item