EVALUASI PENERAPAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN PADA ASPEK PENGELOLAAN SEDIAAN FARMASI DAN BAHAN MEDIS HABIS PAKAI DI PUSKESMAS KUALA KURUN DAN PUSKESMAS TAMPANG TUMBANG ANJIR

Rapanie, Grisella (2024) EVALUASI PENERAPAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN PADA ASPEK PENGELOLAAN SEDIAAN FARMASI DAN BAHAN MEDIS HABIS PAKAI DI PUSKESMAS KUALA KURUN DAN PUSKESMAS TAMPANG TUMBANG ANJIR. Other thesis, Universitas Borneo Lestari.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of ABSTRAK.pdf] Text
ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of TURNITIN.pdf] Text
TURNITIN.pdf

Download (42kB)

Abstract

Puskesmas dalam melakukan pelayanan kefarmasian pada pengelolaan Sediaan Farmasi dan BMHP harus mengikuti standar yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 agar terkendalinya mutu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, permintaan, penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pengendalian, administrasi, dan pemantauan sediaan farmasi dan BMHP di Puskesmas Kuala Kurun dan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir telah sesuai dengan standar. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan metode lembar checklist. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari pengisian checklist oleh Apoteker atau Tenaga Teknis Kefarmasian, dan data sekunder diperoleh dari telaah dokumen. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala Instalasi Farmasi di Puskesmas Kuala Kurun dan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir. Hasil penelitian yang didapatkan berdasarkan kesesuaian dengan standar Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2020 di Puskesmas Kuala Kurun didapatkan sebesar 100%, sedangkan pada Puskesmas Tampang Tumbang Anjir didapatkan sebesar 85% yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan Puskesmas Kuala Kurun dan Puskesmas Tampang Tumbang Anjir dalam melakukan pelayanan kefarmasian telah sesuai standar dengan kategori Baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Kefarmasian, Pengelolaan Sediaan Farmasi Dan BMHP, Puskesmas.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 09 Oct 2024 01:47
Last Modified: 09 Oct 2024 01:47
URI: http://repository.unbl.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item
View Item